Inilah Sosok yang Jalankan Roda Finansial Sekolah

Inilah Sosok yang Jalankan Roda Finansial Sekolah

Jumlah siswa banyak. Sarana dan prasarana sudah ditingkatkan. Dua poin utama itulah membuat SD Muhammadiyah 26 Surabaya berkembang dan sangat maju. Baca selengkapnya »

Kreasi Talenta M26

Kreasi Talenta M26

Di tahun pelajaran 2018-2019, SD Muhammadiyah 26 Surabaya membuat inovasi. Salah satunya mengadakan pameran pendidikan di Maspion Square, di kawasan Ahmad Yani, Kota Surabaya. Baca selengkapnya »

Parade Lomba Pejuang Jaman Now

Parade Lomba Pejuang Jaman Now

Menyambut HUT (Hari Ulang Tahun) RI (Republik Indonesia) ke 73 tahun, SD Muhammadiyah 26 Keputih Surabaya mengadakan beragam lomba, pada Senin sampai Rabu (13-15/8/2018). Baca selengkapnya »

Tim SD Muhammadiyah 26 Surabaya Ukir Prestasi

Tim SD Muhammadiyah 26 Surabaya Ukir Prestasi

Dalam Sport And Olimpiade Competition 2019, yang berlangsung pada Sabtu-Minggu (16-17/3/2019), SD berlokasi kawasan KH Ahmad Dahlan no 2, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya Baca selengkapnya »

Lima Medali Lomba Tingkat Nasional Untuk M26

Lima Medali Lomba Tingkat Nasional Untuk M26

Kegemilangan kembali di ukir pada anak didik SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Sebanyak lima medali diperoleh siswa-siswi SD berlokasi di KH Ahmad Dahlan no 2 surabaya Baca selengkapnya »

Siswa M26 Beraksi Buat Kue

Siswa M26 Beraksi Buat Kue

Menjelang datangnya bulan suci ramadhan 1440 Hijriah, para siswa mempersiapkan kebutuhan untuk takjil. Baca selengkapnya »

Trio NDG Raih Juara 1

Trio NDG Raih Juara 1

Jelang Hari Kartini, SD Muhammadiyah 26 Surabaya diliputi rasa bahagia Baca selengkapnya »

Gelar Cultural Day

Gelar Cultural Day

Setelah pelaksanaan Ujian Sekolah Bersama Nasional kelas 6, SD Muhammadiyah 26 Surabaya Baca selengkapnya »

Anaknya Gulas M26 Juara MTQ

Anaknya Gulas M26 Juara MTQ

Labib Azharudin Ridho Bagaikan permata untuk SD MUhammadiyah 26 Surabaya. Baca selengkapnya »

Recharge Gukar

Recharge Gukar

Dalam menjalankan kegiatan Ramadhan 1440 Hijriah, bukan sekedar berpuasa saja. Baca selengkapnya »

Berikan Bingkisan Lebaran

Berikan Bingkisan Lebaran

Keluarga besar SD Muhammadiyah 26 Surabaya kembali berbagi bingkisan lebaran. Baca selengkapnya »

Begini Hari Pertamaku Masuk Sekolah.

Begini Hari Pertamaku Masuk Sekolah.

Dalam tahun pelajaran 2019-2020, SD Muhammadiyah 26 Surabaya menyambut 98 anak didik baru dengan ceria. Di hari pertama masuk sekolah, pada Senin (15/7/2019), menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Baca selengkapnya »

Ini Hiasan Pop Card Ku

Ini Hiasan Pop Card Ku

Memasuki hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), pada Selasa (17/7/2019), SD Muhammadiyah 26 Surabaya mengajak para anak didik baru membuat hasta karya. Baca selengkapnya »

Tim Tari M26 Bersinar Terang

Tim Tari M26 Bersinar Terang

Tahun pelajaran 2019-2020 membawa berkah untuk SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Sekolah dasar berlokasi dikawasan KH Ahmad Dahlan no 2, Keputih, Sukolilo, Surabaya bangga atas prestasi yang ditorehkan tim Tari Baca selengkapnya »

Inilah, Juara Lomba Talenan

Inilah, Juara Lomba Talenan

Jelang Idul Adha 1440 Hijriah menjadi momentum yang membanggakan bagi SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Ameera Fauztina Azaria sukses mengibarkan bendera M26 Baca selengkapnya »

M26 Bentuk IKWAM, Ini Susunan Pengurus Baru

M26 Bentuk IKWAM, Ini Susunan Pengurus Baru

Sekolah berdiri karena adanya wali murid. Dari peranan Wali murid, SD Muhammadiyah 26 Surabaya berkembang pesat sampai kini. Sinergitas antara wali murid dengan Sekolah berlokasi di kawasan Ahmad Dahlan no 2, Keluruhan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya Baca selengkapnya »

Berkah Ber-Qurban

Berkah Ber-Qurban

SD Muhamamdiyah 26 Surabaya melaksanakan kegiatan Idul Adha 1440 Hijriyah, pada Seni (12/8/2109). Dalam kegiatan hari besar Umat Islam ini, SD yang dipimpin Hervit Ananta Vidada, S.Pd Baca selengkapnya »

 

Matematika Perlu Gunakan Nalar, Begini Penjelasannya!!

Guru MI/SD Muhammadiyah se-Surabaya melakukan recharge ilmu mata pelajaran Matematika. Dalam kegiatan yang dikemas Workshop Matematika Nalaria Realistik (MNR) berlangsung pada Jum’at-Sabtu (6-7/9/2019) di Gedung Dakwah PDM Kota Surabaya dan Minggu (8/9/2019) di SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya. Dua guru SD Muhammadiyah 26 Surabaya ikut serta untuk mengikutinya. Namun, Zharotul Azizah, S.Pd dan Zenny Karina Ningrum, S.Pd tidak hanya mengerjakan soal-soal mapel yang identik dengan rumus dan angka belaka.

Zenny Karina Ningrum memaparkan role model mengajar mapel Matematika harus memberikan pemahaman konsep yang benar. “Mengerjakan soal2 matematika yg melatih nalar dan komunikasi. Kita harus merencanakan kesusahan untuk mendapatkan kebahagiaan, misalnya mencoba mengerjakan soal nalar setiap hari berapa soal,  sehingga terbiasa mengerjakan soal nalar dengan baik,” tegasnya.

Dalam mengerjakan soal Matematika, lanjut Ustadzah Zenny, sangat dibutuhkan alat peraga sebagai penunjang mengajar. “Selain itu, mengajar Matematika harus menyenangkan yang disesuaikan dengan dunia anak jenjang SD, yakni metode permainan,” katanya.

Sementara Zharotul Azizah, S.Pd menyatakan pelatihan di hari pertama itu mengerjakan pretest terlebih dahulu. Kemudian disuguhi materi-materi mengenai kesalahan konsep matematika yang selama ini yang di berikan ke anak didik secara mentah-mentah. “Dalam kesempatan yang sama, kami diberi kesempatan memainkan permainan berlian matematika. Di permainan tersebut juga sembari belajar operasi bilangan bulat. Kita juga dapat buku mengenai matematika dengan nalar,” terangnya.

Di hari kedua diberi materi mengenai ‘merencanakan kesusahan’. “Disini maksudnya materi harus bersusah susah terlebih dahulu untuk kemudian bisa menikmati hasil dari apa yang kita usahakan. Alhamdulillah selain ilmu matematika juga ada ilmu agamanya,” urai Guru yang akrab dipanggil Ustadzah Azizah.

Di hari ketiga, baru diberikan soal-soal matematika diluar yang biasanya memberikan soal ke anak didik. “Banyak soal-soal yang Insya Allah kalau diberikan ke anak bisa membuat anak memutar otak diluar kebiasaan. Kita juga diberikan kesempatan untuk memainkan permainan rumah penjumlahan dan rumah perkalian. Seru sekali, seperti main bingo tapi harus bisa perkalian dan penjumlahan terlebih dahulu,” ujar Uztadzah Azizah.

Lalu di akhir sesi, diberikan post test. “Namun, sebelum post test ini, diberi tahu nilai pretest kami, Alhamdulillah SD Muhammadiyah 26 merupakan satu-satunya sekolah yang kedua gurunya mendapat nilai 100,” ujarnya. (Bar/GLH)

Leave a Reply