Penghargaan IEEA

Penghargaan IEEA

Pada tahun 2015, SD Muhammadiyah 26 Keputih, Kecamatan Sukolilo telah mendapatkan Akreditasi A dengan nilai....... Baca selengkapnya »

Sinergitas Tanpa Batas

Sinergitas Tanpa Batas

Dalam perkembangan terkini, banyak instansi Pemerintah yang sudah melek informasi untuk mempublikasikan kegiatan. Baca selengkapnya »

Putri yang Berpijak Diatas Bumi

Putri yang Berpijak Diatas Bumi

Persiapan SD Muhammadiyah 26 Surabaya jelang menghadapi Usek (Ujian Sekolah) pada Mei 2016 telah berjalan maksimal Baca selengkapnya »

Belajar sambil Bermain

Belajar sambil Bermain

Jika menginginkan hasil belajar siswa lebih maksimal, Sekolah harus menerapkan inovasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Baca selengkapnya »

Hore…..Tim HW Juara

Hore…..Tim HW Juara

Tim Putra dan Putri HW (Hizbul Wathan) merengkuh juara. Prestasi terbaik dalam Lomba Tingkat II (LT) se-Kecamatan Sukolilo tentu membanggakan SD Muhammadiyah 26 Baca selengkapnya »

Unjuk Gigi Keberbakatan Siswa

Unjuk Gigi Keberbakatan Siswa

PCM (Pengurus Cabang Muhammadiyah) Sukolilo punya gawe besar. Pelaksanaan Musyawarah Cabang (Musycab) ke 10 untuk memilih Ketua PCM Sukolilo dan ‘Aisyiyah yang baru disentralkan di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Baca selengkapnya »

Meniru Pengembangan Sekolah Lain

Meniru Pengembangan Sekolah Lain

Dalam mengembangkan Sekolah untuk maju, langkah meniru yang positif dari sekolah lain sangat dianjurkan. Dengan proses panjang mengembangkan sekolah yang maju, SD Muhammadiyah 26 Surabaya juga melakukan hal yang sama. Baca selengkapnya »

Haru Biru Pelepasan Siswa

Haru Biru Pelepasan Siswa

Perasaan sebanyak 60 anak didik Kelas 6 SD Muhammadiyah 26 Surabaya begitu plong setelah melaksanakan Ujian Sekolah. Namun, ditengah penantian hasil usek, para siswa SD yang dipimpin Hervit Ananta Vidada, S.Pd ini sangat sedih saat momen pelepasan siswa. Baca selengkapnya »

Sekolah Kebangsaan (P) Methodist 2 malaka-malaysia terkesima

Sekolah Kebangsaan (P) Methodist 2 malaka-malaysia terkesima

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi yang menggagas sistem Pendidikan ‘full day school’ direspon positif beragam SD – SMP Negeri dan Swasta. Baca selengkapnya »

 

Tawa, tangis, senang, takut, binguuuung . . MOS Hari Pertama penuh ekspresi!!

MOS hari pertama telah terlalui. Hari pertama yang sangat ekspresif.

Kegiatan hari ini, siswa dikenalkan dengan sekolah melalui “jelajah sekolah”, dengan ustadz dan ustadzah, pengenalan tentang sistem sekolah, dan tentu saja pengenalan dengan teman sejawat.

Pukul 07.00 siswa sudah mulai berdatangan. Ustadz dan ustadzah mulai menyambut siswa – siswa baru dengan ramah. Ada siswa yang masih malu untuk menyapa bahkan bersalaman, ada pula yang sangat aktif menyapa asatidznya.

Semakin ekspresif ketika ada siswa yang menangis dalam kelas. Tentu saja, karena siswa masih adaptasi dengan lingkungan baru. Lambat laun, isak tangis mulai tak terdengar.

Pertama – tama, siswa mulai dikumpulkan untuk apel pagi.

Pengenalan teman dan asatidz


Sebagai permulaan, setiap siswa diberikan “apple id” yang berisi nama siswa, supaya siswa mudah dikenali oleh teman sejawat maupun asatidz. Sedangkan asatidz, diberikan “flower id” yang berisi nama asatidz. Untuk lebih mengenal teman, siswa diajak bermain “tepuk nama”, setelah bertepuk, siswa diwajibkan menyebut namanya.



Pengenalan lingkungan sekolah

Siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing – masing dibimbing 1 ustadz/ustadzah. Setiap kelompok diajak untuk menjelajahi lingkungan sekolah dengan rute berbeda untuk masing – masing kelompok. Masing – masing siswa diberi kertas berisi “identifikasi ruang”, siswa yang mampu menuliskan ruang – ruang dalam sekolah akan diberi “ikon ruang” yang ditempel pada pita masing – masing kelompok.


Setelah pengenalan usai, siswa mulai persiapan pulang. Disinilah, kami “tim pemburu berita”  *cieeee . . .  mulai untuk bertanya – tanya tentang kesan – kesan siswa selama di MOS hari pertama.

Bagaimana perasaan kalian pertama kali lihat sekolah ini ?

Berbagai jawaban mulai muncul, “senang, sekolahnya dingin”, “bingung ustadzaaaah . .”, “ndak tau bu guru”, ada pula yang hanya tersenyum tersipu – sipu malu menjawab pertanyaan kami.

Apa yang paling kalian sukai disini ?

“maen komputer . .” –> mungkin menurut siswa, siswa bisa sering bermain komputer selama sekolah hehehe . . .

“bisa mainan”, –> yang kami tangkap, siswa merasa datang ke sekolah = bermain, berarti siswa enjoy untuk datang ke sekolah  . .

“gak ada” –> lha ini, kami pun bingung menganalisa hehe :)

Sudah kenal semua ustadz/ustadzah ?

“hehehehe . . sedikit ” – -> rata – rata semua menjawab seperti ini, atau berkata, “tidak tahu”

Gimana tadi teman – temannya ?

“tadi ada yang jahat bu guru. .” –> namanya juga anak2. .  :)

Yaa . . itulah sejenak wawancara kami dengan siswa.

Sekian info MOS hari pertama. Besok adalah hari kedua! Semoga siswa sudah mulai beradaptasi dan mulai senang berada di sekolah dan kelas barunya.

Leave a Reply