Indi Sabet Perak JMSC

Indi Sabet Perak JMSC

Para anak didik SD Muhammadiyah 26 Surabaya tidak hanya menorehkan prestasi di bidang non akademik. Baca selengkapnya »

Shinta Karlina, ‘Sang Ujung tombak’ M26

Shinta Karlina, ‘Sang Ujung tombak’ M26

Satu sekolah Muhammadiyah jenjang SD bisa berkembang dan maju tidak hanya di tentukan Kepala Sekolah. Dalam menjalankan roda perkembangan, Kepala Sekolah dibantu “Menteri” bidang kehumasan, kurikulum, Kesiswaan dan ismuba. Baca selengkapnya »

Siswa Kelas 5 Unjuk Gigi

Siswa Kelas 5 Unjuk Gigi

Bulan November merupakan momentum terbaik SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Banyaknya lomba yang di akhiri prestasi telah di tunjukkan para siswa SDM 26 Surabaya. Muhammad Ibrahim Razavi, salah satunya. Baca selengkapnya »

Gemilang Prestasi tim Renang M26

Gemilang Prestasi tim Renang M26

Siswa SD Muhammdiyah 26 Surabaya kembali mengukir prestasi. Kali ini para siswa berprestasi ajang Fun swimming competition session 1 Baca selengkapnya »

Unjuk Gigi Keberbakatan Siswa

Unjuk Gigi Keberbakatan Siswa

Sebagai Sekolah Islam, SD Muhammadiyah 26 melakukan melakukan pengemblengan akidah siswa. Dengan aqidah yang kuat dapat menghasilkan prestasi maksimal. Terbukti, para siswa SD berbranding Faith, Healthy, Science, Skill and Character ini tidak pernah ‘kering’ prestasi. Baca selengkapnya »

Kilau Sinar Tim HW SD Muhammadiyah 26 Surabaya

Kilau Sinar Tim HW SD Muhammadiyah 26 Surabaya

Tim HW SD Muhammadiyah 26 Surabaya mendapat prestasi terbaik lagi. Tim HW Putra sukses mengapai Juara 1, Tim HW Putri merengkuh juara 3 dalam Perkemahan Pengenal Tangguh Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan SD Muhammadiyah Se-Kota Surabaya Baca selengkapnya »

Geliat Siswa Semarakan Tanwir Aisyiyah 1 Kota Surabaya

Geliat Siswa Semarakan Tanwir Aisyiyah 1 Kota Surabaya

Kader Muhammadiyah yang tergabung di Amal Usaha Muhammmadiyah (AUM) sukses menyemarakkan kegiatan yang dilaksanakan Pengurus Aisyiyah Kota Surabaya, pada Minggu (14/01/2018). Baca selengkapnya »

Kilau Tari Sparkling M26

Kilau Tari Sparkling M26

Ekstrakulikuler bukan hanya untuk membina dan membibit bakat siswa. Tapi melalui ekskul, siswa bisa menunjukkan jati diri yang dimiliki menuju prestasi tidak saja dalam lomba.Tari Sparkling Surabaya salah satunya. Baca selengkapnya »

Indra B Lesmana, Talent Scouting Siswa M26

Indra B Lesmana, Talent Scouting Siswa M26

Pada tahun pelajaran 2017-2018, SD Muhammadiyah 26 Surabaya telah mengantarkan siswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Baca selengkapnya »

Aksi Siswa Keberbakatan Berfantasi di TVRI

Aksi Siswa Keberbakatan Berfantasi di TVRI

Kecermalangan dalam meraih prestasi yang dicapai anak didik SD Muhammadiyah 26 Surabaya yang berbakat berujung manis. Pada Senin (22/01/2018) merupakan momen teristimewa bagi SD berbanding Faith, Healthy, Science, Skill and Character. Baca selengkapnya »

Kesigapan Tim Security Bertugas

Kesigapan Tim Security Bertugas

Di SD Muhammadiyah 26 Surabaya, tim security mempunyai peranan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Tim security SD Muhammadiyah 26 Surabaya yang beranggotakan Aziz musthofa, Asrul, Mustofa, Fauzi Mahdi, Bayu Firmawan, Taufikurrohman, Candra Setiawan senantiasa sigap dalam bertugas. Baca selengkapnya »

Tak Ada Tanah Liat, Plastisin pun Jadi

Tak Ada Tanah Liat, Plastisin pun Jadi

Pada Rabu (24/1/2017), anak didik kelas 1C SD Muhammadiyah 26 Surabaya melakukan pembelajaran tematik yakni cara membuat pot kecil. Namun, bahan dasar pot bukan dari tanah liat merupakan keunikan. Baca selengkapnya »

 

Tawa, tangis, senang, takut, binguuuung . . MOS Hari Pertama penuh ekspresi!!

MOS hari pertama telah terlalui. Hari pertama yang sangat ekspresif.

Kegiatan hari ini, siswa dikenalkan dengan sekolah melalui “jelajah sekolah”, dengan ustadz dan ustadzah, pengenalan tentang sistem sekolah, dan tentu saja pengenalan dengan teman sejawat.

Pukul 07.00 siswa sudah mulai berdatangan. Ustadz dan ustadzah mulai menyambut siswa – siswa baru dengan ramah. Ada siswa yang masih malu untuk menyapa bahkan bersalaman, ada pula yang sangat aktif menyapa asatidznya.

Semakin ekspresif ketika ada siswa yang menangis dalam kelas. Tentu saja, karena siswa masih adaptasi dengan lingkungan baru. Lambat laun, isak tangis mulai tak terdengar.

Pertama – tama, siswa mulai dikumpulkan untuk apel pagi.

Pengenalan teman dan asatidz


Sebagai permulaan, setiap siswa diberikan “apple id” yang berisi nama siswa, supaya siswa mudah dikenali oleh teman sejawat maupun asatidz. Sedangkan asatidz, diberikan “flower id” yang berisi nama asatidz. Untuk lebih mengenal teman, siswa diajak bermain “tepuk nama”, setelah bertepuk, siswa diwajibkan menyebut namanya.



Pengenalan lingkungan sekolah

Siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan masing – masing dibimbing 1 ustadz/ustadzah. Setiap kelompok diajak untuk menjelajahi lingkungan sekolah dengan rute berbeda untuk masing – masing kelompok. Masing – masing siswa diberi kertas berisi “identifikasi ruang”, siswa yang mampu menuliskan ruang – ruang dalam sekolah akan diberi “ikon ruang” yang ditempel pada pita masing – masing kelompok.


Setelah pengenalan usai, siswa mulai persiapan pulang. Disinilah, kami “tim pemburu berita”  *cieeee . . .  mulai untuk bertanya – tanya tentang kesan – kesan siswa selama di MOS hari pertama.

Bagaimana perasaan kalian pertama kali lihat sekolah ini ?

Berbagai jawaban mulai muncul, “senang, sekolahnya dingin”, “bingung ustadzaaaah . .”, “ndak tau bu guru”, ada pula yang hanya tersenyum tersipu – sipu malu menjawab pertanyaan kami.

Apa yang paling kalian sukai disini ?

“maen komputer . .” –> mungkin menurut siswa, siswa bisa sering bermain komputer selama sekolah hehehe . . .

“bisa mainan”, –> yang kami tangkap, siswa merasa datang ke sekolah = bermain, berarti siswa enjoy untuk datang ke sekolah  . .

“gak ada” –> lha ini, kami pun bingung menganalisa hehe :)

Sudah kenal semua ustadz/ustadzah ?

“hehehehe . . sedikit ” – -> rata – rata semua menjawab seperti ini, atau berkata, “tidak tahu”

Gimana tadi teman – temannya ?

“tadi ada yang jahat bu guru. .” –> namanya juga anak2. .  :)

Yaa . . itulah sejenak wawancara kami dengan siswa.

Sekian info MOS hari pertama. Besok adalah hari kedua! Semoga siswa sudah mulai beradaptasi dan mulai senang berada di sekolah dan kelas barunya.

Leave a Reply