Penghargaan IEEA

Penghargaan IEEA

Pada tahun 2015, SD Muhammadiyah 26 Keputih, Kecamatan Sukolilo telah mendapatkan Akreditasi A dengan nilai....... Baca selengkapnya »

Sinergitas Tanpa Batas

Sinergitas Tanpa Batas

Dalam perkembangan terkini, banyak instansi Pemerintah yang sudah melek informasi untuk mempublikasikan kegiatan. Baca selengkapnya »

Putri yang Berpijak Diatas Bumi

Putri yang Berpijak Diatas Bumi

Persiapan SD Muhammadiyah 26 Surabaya jelang menghadapi Usek (Ujian Sekolah) pada Mei 2016 telah berjalan maksimal Baca selengkapnya »

Belajar sambil Bermain

Belajar sambil Bermain

Jika menginginkan hasil belajar siswa lebih maksimal, Sekolah harus menerapkan inovasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Baca selengkapnya »

Hore…..Tim HW Juara

Hore…..Tim HW Juara

Tim Putra dan Putri HW (Hizbul Wathan) merengkuh juara. Prestasi terbaik dalam Lomba Tingkat II (LT) se-Kecamatan Sukolilo tentu membanggakan SD Muhammadiyah 26 Baca selengkapnya »

Unjuk Gigi Keberbakatan Siswa

Unjuk Gigi Keberbakatan Siswa

PCM (Pengurus Cabang Muhammadiyah) Sukolilo punya gawe besar. Pelaksanaan Musyawarah Cabang (Musycab) ke 10 untuk memilih Ketua PCM Sukolilo dan ‘Aisyiyah yang baru disentralkan di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Baca selengkapnya »

Meniru Pengembangan Sekolah Lain

Meniru Pengembangan Sekolah Lain

Dalam mengembangkan Sekolah untuk maju, langkah meniru yang positif dari sekolah lain sangat dianjurkan. Dengan proses panjang mengembangkan sekolah yang maju, SD Muhammadiyah 26 Surabaya juga melakukan hal yang sama. Baca selengkapnya »

Haru Biru Pelepasan Siswa

Haru Biru Pelepasan Siswa

Perasaan sebanyak 60 anak didik Kelas 6 SD Muhammadiyah 26 Surabaya begitu plong setelah melaksanakan Ujian Sekolah. Namun, ditengah penantian hasil usek, para siswa SD yang dipimpin Hervit Ananta Vidada, S.Pd ini sangat sedih saat momen pelepasan siswa. Baca selengkapnya »

Sekolah Kebangsaan (P) Methodist 2 malaka-malaysia terkesima

Sekolah Kebangsaan (P) Methodist 2 malaka-malaysia terkesima

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi yang menggagas sistem Pendidikan ‘full day school’ direspon positif beragam SD – SMP Negeri dan Swasta. Baca selengkapnya »

 

Uniknya Tadabur Alam

HW (Hizbul Wathan) merupakan gerakan kepanduan Organisasi Otonom (Ortom) Muhamamdiyah. Dalam satu tahun pelajaran 2017-2018, Sekolah Muhammadiyah wajib melaksanakan HW. Salah satunya, SD Muhammadiyah 26 Surabaya.  SD berbranding Faith, Healthy, Science, Skill and Character mengadakan kegiatan HW khusus Kelas 5 dan Kelas 6.

Dalam pelaksanaan HW pada Jum’at (19/10/2017) di Dlundung, Pacet, Jawa Timur. Rangkaian kegaiatan HW diantaranya semaphore, kompas, pioneering, api unggun, pensi, dan game zone. Di acara pensi, para siswa tampil drama, puisi dan dance. Lalu, game zone meliputi jelajah dan bermain di air tejun Dlundung.

Ketua pelaksanaan HW menyatakan HW merupakan wadah yang penting untuk para siswa. “Mengajarkan anak didik untuk mandiri, bertanggung jawab, serta  belajar dari alam tentang rasa syukur kepada Allah SWT dengan cara menjaga dan memelihara lingkungan,” tutur Ustadzah Ririn Noviyanti, S.Si

Dari rangkaian kegiatan, lanjut Ustadzah Kelas 6B, salah satu materi game zone yakni tadabur alam sangat menarik para siswa. Di kegiatan tadabur alam, siswa melakukan penjelajahan dengan berjalan kaki bersama kelompok. “Dalam perjalan tersebut anak-anak harus melewati pos-pos yang akan menguji kemampuan mereka dalam pengetahuan kemandirian yang mengajarkan keterampilan. Didalam kelompok tersebut diuji juga tenrang kekompakan dan  jiwa sosial untuk salong membantu, bekerjasama, dan  menbuhkan rasa empaty terhadap teman,” ,” urai gulas yang mempunyai 2 anak.

 

Leave a Reply